Contoh Paragraf Argumentasi

Sebuah karya tulis menghasilkan banyak paragraf, yang di maksud dengan paragraph adalah himpunan kalimat yang saling berhubungan dalam sebuah rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan atau ide. Ada beberapa macam bentuk paragraph salah satunya adalah paragraph argumentasi. Contoh Paragraf Argumentasi dan apa yang dimaksud dengan paragraph argumentasi ini akan kita urai sebagai berikut. Paragraf argumentasi adalah paragraph yang isinya merupakan ide dan pendapat penulis terhadap sesuatu, disertai dengan contoh, alasan, bukti dan fakta yang mendukung. Hal ini dilakukan agar pembaca mempercayai dan membenarkan paragraph tersebut.
 
Paragraf argumentasi adalah paragraph yang isinya berdasarkan fakta. Serta selalu disertai alasan dan bukti yang kuat dan di sampaikan dengan cara yang kritis dan logis oleh penulis agar pembaca dapat terpengaruh. Untuk itu penulis harus melakukan penelitian, observasi langsung ke objek tulisan, bahkan melakukan wawancara dan membuat angket. Serta mencari referensi dari majalah, buku buku dan literature  yang berhubungan dengan objek tulisan tersebut. Di bawah ini bisa anda lihat Contoh Paragraf Argumentasi :
 
Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap keluarga dalam sebuah lingkungan masyarakat. Apabila setiap keluarga yang ada di lingkungan sadar dan mulai memperhatikan kebersihan lingkungan maka sampah tidak lagi menjadi masalah. Mulai memilah sampah organic dan non organic adalah hal yang paling mudah, namun entah mengapa hal itu pun sulit terlaksana. Mesti ada keinginan yang kuat dari tiap individu atau ada penggerak dan pelopor yang rela dari rumah ke rumah warga mengajak dan menjelaskan manfaatnya. Apabila hal ini bisa berjalan dengan semestinya maka kita tidak perlu harap harap cemas menunggu tukang sampah datang setiap hari. Banyak sekali yang bisa kita manfaat dari sampah rumah tangga yang kita anggap kotor dan menjijikkan. Selain lingkungan sekitar akan terjaga, bersih dan bebas dari bau tidak sedap sampah organic bisa di ubah menjadi pupuk, gas untuk memasak,dll. Sampah non organic bisa dijual kembali bahkan bisa dimanfaatkan menjadi barang baru. Sudah banyak cerita sukses dari pelaku lingkungan yang memanfaatkan sampah. Tapi tidak semua masyarakat perduli dan tergerak untuk mengikuti jejak mereka. Karena diperlukan keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan dan bumi pada umumnya atau paling tidak menjaga lingkungan kebersihan di sekitar tempat tinggal kita saja. Sepertinya masyarakat kita perlu lebih sering mendapatkan penyuluhan, dorongan dan bantuan agar semangat menjaga lingkungan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. 

Semoga Contoh Paragraf Argumentasi ini semoga bisa menjadi referensi anda.

Bagikan ke :

Facebook Twitter