Contoh Paragraf Eksposisi

Apakah yang dimaksud dengan paragraf eksposisi? Sering kita mendengar dan bahkan mendapatkan tugas sekolah mengenai paragraf eksposisi. Berikut adalah penjelasan dan Contoh Paragraf Eksposisi. Yang di maksud dengan paragraf eksposisi adalah paragraf dalam sebuah penulisan  yang memberikan pengertian dan penjelasan dengan gaya tulisan yang tidak bertele-tele, berakurasi tinggi serta singkat dan padat. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis paragraf eksposisi adalah berdasarkan :
• Data atau peristiwa yang sebenarnya/fakta atau  bersifat ilmiah
• Analisa atau penafsiran terhadap fakta atau peristiwa tersebut secara objektif
• Berdasarkan pengamatan dan penelitian

Sebelum mulai menulis paragraph eksposisi sebaiknya kita menetapkan terlebih dahulu :
• Tema penulisan dan tujuan dari penulisan
• Mencari data yang akurat mengenai tema tulisan
• Menganalisa, mengamati dan meneliti sehingga mendapatkan sebuah kesimpulan
• Membuat kerangka tulisan dan mengembangkannya dan mulai menulis paragraf

Setelah mendapatkan semua bahan yang diperlukan kita bisa memulai menulis paragraph eksposisi tersebut. Ini adalah Contoh Paragraf Eksposisi:
 
Pengobatan gratis yang dilakukan oleh Yayasan Kesuma Bangsa Indonesia akan dimulai pada tanggal 1s/d 30 Desember 2013 . Pengobatan gratis ini akan di adakan di berbagai tempat di Indonesia dan dimulai di Jakarta terlebih dahulu tepatnya di daerah Jakarta Selatan. Yang akan dikonsentrasikan di 4 kecamatan di wilayah Jakarta Selatan.  Pengobatan gratis ini meliputi kesehatan umum, mata, gigi, penyakit dalam serta kesehatan gizi. Dalam Acara ini panitia telah menyiapkan 20  dokter, 40 perawat serta 100 orang relawan di masing-masing kecamatan tempat terlaksananya pengobatan gratis tersebut. Acara ini di dukung sepenuhnya oleh pemprov dan pemda. Masyarakat tidak dipungut biaya dalam pengobatan ini serta akan mendapatkan obat atau surat rujukan bila yang bersangkutan harus segera mendapatkan pengobatan intensif. Masyarakat hanya membawa KTP dan foto copynya sebagai administrasi bagi Yayasan Kesuma Bangsa Indonesia. Yayasan yang mengkhususkan di bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat ini berharap banyak fihak yang bisa membantu dan mendukung program mereka ini dengan harapan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dan menjaga kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya. Pengobatan gratis ini berlangsung selama bulan Desember 2013. Mayarakat yang ingin mengetahui informasi secara lanjut diharapkan menghubungi kantor kelurahan dan kecamatan masing-masing untuk mendapatkan jadwal pengobatan gratis Yayasan Kesuma Bangsa Indonesia.

Semoga Contoh Paragraf Eksposisi ini bisa menjadireferensi bagi anda.

Bagikan ke :

Facebook Twitter