Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya

Tahukah kamu Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya dalam bahasa Indonesia ? Berikut adalah penjelasannya. Kalimat Tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan untuk mendapatkan jawaban dari orang lain maupun diri sendiri. Karena terkadang kita juga bisa bertanya pada diri sendiri mengenai sesuatu yang tidak kita yakini kebenarannya. 

Kalimat Tanya yang biasa dipakai dimulai dengan kata Apa, Kapan, Dimana, Siapa,Mengapa dan Bagaimana. Pemakaian kata ini pada kalimat tanya sering disertai dengan kata kah dan diikuti dengan intonasi yang agak sedikit naik dan diakhiri dengan tanda tanya. Contohnya:
1. Apakah kamu sudah menikah?
2. Kapan ujian semester akan diadakan?
3. Dimana Engkau membeli baju ini?
4. Siapakah wanita yang duduk di sampingmu tadi?
5. Mengapa hari kita pulang lebih cepat?
6. Bagaimanakah cara untuk meyakinkanmu?

Ada beberapa jenis Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya dalam bahasa Indonesia, yaitu:
• Kalimat Tanya klarifikasi dan informasi, kalimat Tanya ini hanya memerlukan jawaban pembenaran atau tidak dari pertanyaan yang diajukan, contoh: Apakah ini sepatu kamu?
• Kalimat Tanya konfirmasi, adalah kalimat Tanya yang ingin mengetahui kenyataan atau keadaan yang sebenarnya , contoh Apakah dia suami anda?
• Kalimat Tanya retoris, adalah kalimat Tanya yang tidak memerlukan jawaban atau tanggapan langsung, kalimat Tanya ini akan kita temukan pada pidato, presentasi, khotbah bahkan pengumuman. Contoh: siapakah yang akan anda pilih sebagai calon legislative tahun depan?
• Kalimat Tanya tersamar, adalah kalimat Tanya yang tidak disampaikan secara lugas seperti kalimat Tanya yang semestinya, maksudnya kalimat yang menanyakan sesuatu tapi bertujuan memohon, merayu, menolak,menyuruh,menyanggah, menyetujui. Contohnya: Apa pantas kasus ini saya tolak (kalimat Tanya tersamar dengan maksud menyetujui)
• Kalimat tanya biasa, adalah kalimat Tanya yang selalu kita pergunakan sehari hari dan memerlukan jawaban dan tanggapan langsung atas pertanyaan yang di sampaikan, contohnya: Siapa yang menolongnya pertama sekali?

Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya ini biasa kita pergunakan sehari-hari dalam percakapan maupun dalam tulisan. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter