Penyebab Kaki dan Tangan Sering Kesemutan

Apakah anda ingin mengetahui Penyebab Kaki dan Tangan Sering Kesemutan pada saat bangun pagi, ataupun setelah melalukan aktifitas  seperti melipat kaki dalam jangka waktu yang relative lama. Sebaiknya kita mengetahui defenisinya dahulu agar lebih jelas. Kesemutan adalah perasaan kebas, kebal dan ngilu pada salah satu anggota tubuh yang akan hilang secara perlahan bila kita gerakkan. Kesemutan atau bahasa medisnya disebut parestesia wajib anda waspadai, apalagi bila rasa kesemutan itu mulai menjalar ke anggota tubuh yang lain yang membuat fungsi tubuh kita tersebut menjadi buruk. Misalnya kesemutan yang disertai gangguan penglihatan dan pendengaran, bahkan disfungsi anggota tubuh. Hal ini bisa diwaspadai sebagai manifestasi tumor di bagian depan otak. Apabila anda merasakan gejala seperti ini  ada baiknya untuk segera konsultasikan ke dokter anda. Agar dilakukan pemeriksaan kesehatan secepatnya, sehingga bisa diketahui apa Penyebab Kaki dan Tangan Kesemutan. Namun bila tidak disertai gejala yang lain kesemutan berarti adanya gangguan pada reseptor kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi.

Kesemutan atau parestesia merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak lancar misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan terhimpitnya pembuluh darah  sehingga aliran darah di dalam tubuh kita terhambat. Cara mudah yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi kesemutan adalah sebagai berikut:
• Hindari posisi duduk, bersila dan lainnya terlalu lama, anda harus sering mengganti posisi anda agar pembuluh darah tidak terhimpit sehingga peredaran darah tetap lancar.
• Bisa dengan menepuk-nepuk anggota tubuh yang kesemutan dengan lembut  agar aliran darah yang terhambat lancar kembali
• Bisa juga dengan mendiamkan saja anggota badan yang kesemutan, tapi rasa ngilunya akan sangat terasa, namun kesemutan akan segera hilang begitu aliran darah berjalan seperti semula

Penyebab Kaki dan Tangan Kesemutan juga bisa berhubungan dengan berbagai macam penyakit lain tergantung gejala yang dialami. Sepertinya sekarang kita lebih mewaspadai gejala sekecil apapun dengan tubuh kita. Karena gejala yang kita anggap kecil dan biasa terjadi bisa menjadi peringatan dari penyakit yang lebih serius.

Bagikan ke :

Facebook Twitter